- Diberkati untuk Memberkati

ORANG GILA PUN TERSENYUM TETAP BERSINAR

By Willy Salim


Orang gila pun tersenyum tetap bersinar….kutipan ini saya ambil dari pertemuan saya semalam dengan seorang budayawan adalah Prie GS..disini saya meminjam kutipan beliau karena saya juga tiba tiba teringat dari ada kutipan yang saya sendiri kurang mengetahui dari mana asalnya..” FAKE IT UNTILL YOU MAKE IT”…

Artinya disini saya berkesimpulan jika kita sedang bete, kita sedang bad mood, kita sedang sedih sampai tidak tahu harus berbuat dan berpikir seperti apa..maka saran saya sih berpura pura saja anda senang..berpura pura anda happy …berpura pura anda senang..dan berpura pura anda sebagai orang kaya ( jika sudah kaya, berpura pura lagi lebih kaya lagi) …

Salah satu contoh yang saya bisa berikan dengan sangat jelas adalah pada waktu anda sedang menaiki pesawat terbang, kalian akan di berikan salam dengan hangat dan senyum yang tulus oleh para pramugari yang cantik cantik itu kan? Apakah kalian tahu apakah mereka tulus atau tidak, apakah mereka mengatakan salam ke kita itu dengan tulus atau tidak..kembali kepada pramugari nya tentunya..saya yakin sih ada yang tulus ada juga yang berpura pura tidak semua juga berpura pura, ini hanya contoh.

pernyataan ini yang saya sarankan kepada kawan saya yang pada waktu itu dia sedang gak mood katanya di suatu sore hari sepulang kerja,

”Aduh, jangan gangguin gua ah, gua lagi gak mood nih..boro boro mau mikir..mau kemana aja gua lagi puyeng nya tujuh keliling”

Akhirnya setelah dia menyelesaikan kata katanya mengenai sejuta alasan mengapa dia gak mood..mulai dari masalah di keluarganya ( dia omelin sama ibu nya yang membawa sendok dan belum dipulangin), peliharaan dia ( kucingnya yang sakit karena buntut nya kejepit pintu tadi pagi waktu mau ke kantor), di kantor ( dicibirin gara gara dia gak mau menulis laporan pakai excel padahal kan kalau menulis pakai power point kan ..waduh salah lagi deh ..pakai word), dan masih banyak lagi…akhir setelah proses curhat ini saya bilang

“Sekarang kamu maunya kaya bagaimana?”, dia bilang dia gak mau pusing kaya begini, minimal bisa mikir jernih..kalau sekarang apa yang bisa dipikirin semua buntu..” ok, saya bantu”,

lalu dia sedikit bingung sambil melihat ke saya ..”HAH !! mau bantu saya,ini kan masalah gua… gua aja belum tentu bisa menyelesaikan masalah gua sendiri”

akhirnya saya sambil mengurut dada..

” mau dibantu gak”,
dia bilang ”mau..mau..mau….”( sudah seperti iklan aja)

“ ya sudah sekarang kan kamu ini mengagumi direktur operational kita Pak Jaja” ( maaf jika terjadi kesamaan nama, tempat dan waktu, hanya ilustrasi belaka)…

“iya kok kamu tahu sih..Pak Jaja itu orang cepat bertindak..dan dia tahu alternatif solusi aja, hebat dia tuh..gua aja pangling kalau ketemu dia..gua sih salut tuh sama beliau, udah gitu dia juga paling pinter mendorong anak anaknya supaya lebih baik lagi bukan mendorong untuk dijorokin, pantas saja dia jadi direktur sih, sayang aja pemilu sudah lewat, kalau gak dia itu sudah gua pilih tuh…”

saya tanya..” emang Pak Jaja jadi caleg ?”

temen saya menjawab “ gak sih ..hehehehehe. .ini sih seandainya”

“ ya sudah.. sekarang anggap aja kamu ini sebagai Pak Jaja mau gak, kamu ini berperan sebagai Pak Jaja.. seolah olah Pak Jaja ada di dalam kamu..jadi kamu ini sebagai orang yang penuh dengan SOLUSI, penuh SEMANGAT,penuh PERCAYA DIRI, kamu bisa mendorong temen temen kamu untuk jadi LEBIH BAIK, ok apakah Pak Jaja sudah ada di diri mu? “

“ sudah tuh, berasa banget” sambil nunjukin muka nya yang rada pede sambil tangannya memegang bagian atas mulutnya yang tidak berkumis yang kita tahu bahwa Pak Jaja itu berkumis tipis sedangkan temen saya gak ada kumisnya sama sekali.

“ baik sekarang coba kamu berpikir tadi masalah mu, bagaimana mengatasi orang tua mu, bagaimana mengatasi kucingmu, bagaimana mengatasi temen temen kantor mu, apakah sudah tahu caranya”

Dengan SEMANGATnya dan SENANGnya menjawab “eh iya lho…kok gua tahu yach harus berbuat apa, masalah gua mah tadi gak ada apa apa nya bahkan gua tahu harus berbuat apa nih bahkan sekarang ini timbul rencana gua yang briliant T-O-P begete deh”
“ Ok ..ok..sudah kan, kan sekarang kamu sudah tahu harus berbuat apa..tinggal laksanakan dan sekarang sudah happy donk?”
“sudah banget”

Dari ilustrasi di atas , padahal temen saya ini bukan menyamar sebagai direktur operationalnya tetapi berpura pura jika direktur ini masuk ke tubuhnya, segala pikiran dan segala ..hanya dengan modal pura pura..karena temen saya juga sudah mengenal sekali si direktur ini…artinya jika kita berpura pura saja bukan hanya tingkah laku kita yang akan sama bahkan cara pikir saja juga bisa masuk didalam pemikiran kita. Jadi bagi yaang sedang sedang mencari keceriaan…bagi yang mencari ke-happy an, bagi yang mencari kelancaran berpikir..lihat dan cari lha model yang kalian bisa contoh…jika bermanfaat kenapa tidak dipakai terus…..TETAP SEMANGAT INDONESIA…

0 comments:

Post a Comment