- Diberkati untuk Memberkati

Waspadai Penyakit di Musim Hujan

Sumber : Kompas Cyber Media

BANDUNG, KOMPAS - Memasuki musim hujan, Dinas Kesehatan Kota Bandung minta warga mewaspadai serangan penyakit musiman seperti demam berdarah dengue(DBD), infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan diare. Selain rajin menjaga kebersihan, warga sebaiknya menjaga vitalitas tubuh dengan mengonsumsi makakan bergizi. Kepala Bagian Tata Usaha Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan itu. "Berbagai penyakit sering kali muncul di musim hujan karena terjadi perubahan cuaca dan kondisi
lingkungan," ujarnya.

Menurut Ahyani, penyakit yang perlu diwaspadai adalah ISPA. ISPA terjadi karena udara mudah berubah. Kondisi yang tidak stabil seperti itu memengaruhi daya tahan tubuh seseorang. Pada saat daya tahan melemah, virus ispa menyerang. Untuk itu, Ahyani menganjurkan agar masyarakat memakai jaket atau pakaian hangat saat keluar rumah. Selain itu, mengonsumsi minuman hangat seperti bandrek atau jahe. "Jika aliran darah lancar, maka daya tahan tubuh meningkat," ujarnya. Penyakit lainnya adalah diare. Saat musim hujan, perrmukaan air naik. Jika air tersebut tercemar dan masuk ke dalam lainnya yang dikonsumsi masyarakat, maka rentan terserang diare.Ahyani juga mengingatkan maraknya serangan DBD di musim hujan. Dengan meningkatnya intensitas hujan sepekan terakhir ini, diduga gedangan air sebagai media perkembangbikan nyamuk juga meningkat.Ini berarti, populasi nyamuk Aides aegypti, pembawa virus DBD dan cikungunya,meningkat.

Untuk itu, Ahyani menyarankan agar masyarakat meningkatkan kebersihan lingkungan. Caranya, dengan melakukan 3M (menguras, menutup, dan mengubur). "Yang terpenting lagi adalah pembasmian sarang nyamuk (PSN) dan jentik. Tidak perlu menunggu juru pematau jentik (jumantik). Jadilah jumantik bagi diri sendiri," ujarnya.

Kepala Subdinas Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita mengatakan, masyarakat akan aman dari serangan penyakit-penyakit tersebut kalau daya tahan tubuh kuat. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk mengonsumsi makakan yang bergizi dan bersih, serta istirahat cukup. "Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sebelum dan sesudah beraktivitas," ujarnya memberi tips. (MHF)

0 comments:

Post a Comment