- Diberkati untuk Memberkati

Leadership In Act

Ada 3 kunci yang bisa dikatakan sebagai guide line yang mesti dimiliki dan dikuasai oleh seorang pemimpin.

Kunci pertama adalah mengambil keputusan atau making decision. Kedua adalah motivating people. Bagaimana sih caranya mengambil keputusan dalam suasana yang sangat tidak menentu ini? Bagaimana kita mengambil keputusan dari data yang tidak akurat dan tidak semuanya ada? Melainkan ada data dan ada juga intuisi. Bagaimana cara menggabungkan keduanya, sehingga kita bisa menjadi sukses?

Seorang pemimpin yang berhasil dengan besar selalu mengambil taft decision atau keputusan berat. Pemimpin yang baik juga sering mengambil keputusan melawan pelanggan, melawan market trend, mencoba sesuatu yang baru, dan melakukan tindakan-tindakan yang baru. Itu adalah pekerjaan seorang pemimpin yang berhasil. Kita harus mulai belajar, bagaimana sih kita bisa mengambil keputusan yang baik. Dari data yang ada dan dari intuisi kita, kita gabung dan kita pilih untuk melakukan keputusan-keputusan itu.

Kedua yaitu memotivasi pelanggan, supplier, dan buyer supaya kita bisa mendapatkan yang terbaik dari yang ada. Seringkali seseorang dalam bisnisnya mengalami masa-masa susah. Lalu bagaimana cara memotivasi karyawan kita untuk bersatu mengejar mimpi kita? Kalau ingin menjadi pemimpin yang baik, kita harus mengerti bagaimana cara terbaik untuk memotivasi karyawan dan siapapun supaya mereka percaya kepada kita. Dengan kata lain, memiliki kemampuan untuk mendapatkan trust atau kepercayaan dari lingkungan di sekitar kita.

Kemudian, kemampuan ketiga adalah kemampuan untuk meng-influence orang lain. Yaitu kemampuan melakukan pengaruh kepada orang lain. Di situlah kunci yang paling penting untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Sebab, tanpa kemampuan ini, anda tidak akan bisa mendapatkan trust yang diperlukan oleh seorang pemimpin. Dengan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, secara tidak langsung anda sudah mempermudah jalan anda sendiri sebgai seorang peminpin.

Demikian business wisdom hari ini. Semoga penjelasan pendek hari ini bisa mengilhami Anda menjadi pemimpin yang baik sekaligus berhasil. Sukses untuk bisnis Anda.

Have a positive day!

Mohamad Yunus, CHt, MNLP

0 comments:

Post a Comment