- Diberkati untuk Memberkati

Tips Sukses Menyusun Surat Lamaran dan CV (Berkarier Internasional)

Terdapat sebuah kesalahan yang biasanya banyak dilakukan oleh pencari kerja, yaitu berusaha keras mengirimkan lamaran sebanyak – banyaknya tanpa perencanaan matang atau arah yang jelas. Namun strategi ini kurang tepat dan banyak menghabiskan tenaga dan waktu, tanpa ada hasil yang memuaskan.

Surat lamaran (cover letter) merupakan jalan masuk dan media efektif untuk memperkenalkan diri, menyampaikan tujuan mengirimkan lamaran, dan meyakinkan HRD bahwa Anda lah kandidat yang tepat untuk posisi yang dilamar. Selain itu surat lamaran juga berfungsi sebagai contoh tulisan dan merefleksikan kemampuan Anda berkomunikasi. Dengan surat lamaran, Anda bisa memfokuskan pada kualifikasi dan/atau pengalaman kerja Anda yang relevan dengan persyaratan yang tertulis di iklan lowongan kerja.

Dalam lamaran Anda, perhatikan 'unique selling points' Anda.Bagaikan sebuah merk dagang, Anda harus dapat meyakinkan mengapa Anda lah kandidat ideal untuk posisi yang dilamar. Tanyakan pada diri Anda: "Pengalaman atau keterampilan apa yang saya miliki yang relevan dengan posisi yang akan saya lamar, yang kemungkinan besar tidak dimiliki oleh kandidat lainnya?"

Jika Anda adalah seorang fresh graduate, jangan merasa rendah diri dan menganggap bahwa Anda tidak memiliki pengalaman yang layak untuk ditonjolkan di lamaran Anda. Kalau Anda melihat lebih dalam, Anda akan mendapatkan cukup banyak bahan untuk disampaikan dalam lamaran, seperti misalkan laporan riset atau skripsi, tugas riset kelompok, aktivitas kemahasiswaaan dan organisasi, pekerjaan sampingan, magang, volunteering, pengalaman mengikuti program kepemimpinan, dan sebagainya. Tentunya bahan tulisan tersebut disesuaikan dengan posisi yang ingin Anda lamar. Tunjukkanlah bahwa pengalaman Anda di kampus bisa memberikan nilai lebih kepada institusi yang ingin Anda lamar.

Dalam menyusun surat lamaran, usahakan tidak ada kesalahan ketik maupun kesalahan tata bahasa atau struktur kata. Kalau memungkinkan, sewalah tenaga profesional untuk meninjau surat lamaran dan CV Anda, atau mintalah teman atau saudara Anda untuk mengecek (proof-read) lamaran Anda untuk meminta masukan sekaligus memastikan bahwa tidak ada kesalahan penulisan. Hindari mengirimkan CV tanpa disertai surat lamaran.

Ada yang mengatakan bahwa surat lamaran sangat berperan untuk menentukan apakah seseorang layak mendapatkan pekerjaan yang dilamar atau tidak. Seakan-akan calon employer berkata, "Anda memiliki 10 detik untuk membuat saya terkesan". Jadi tugas Anda adalah menyiapkan surat lamaran dengan faktor "Wow!"yang akan membuat calon employer bergegas mengundang Anda untuk wawancara.

Kesalahan yang biasa terjadi dalam surat lamaran adalah pada sisi pelamar, seperti: "Saya melakukan ini, saya mencari itu, saya ingin...saya, saya, saya." Sebaiknya susun surat yang bisa menjawab pertanyaan HRD: "Mengapa saya harus menerima Anda ketimbang ratusan pelamar lainnya?" Jawablah dengan spesifik!

Salam sukses,

Aretha Aprilia
Penulis buku 'Rahasia Sukses Berkarier Internasional'

http://www.tripleclicks.com/10696298
http://www.sfi4.com/10696298/CB
http://www.armikopeoplesearch.ws

0 comments:

Post a Comment