- Diberkati untuk Memberkati

KEBENARAN TAK TERBANTAHKAN



“…dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu. …Jadi apabila ANAK itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.” ~ Yohanes 8:32,38

            Beberapa waktu yang lalu saya diminta untuk memberikan pementoran kepada sebuah kumpulan Guru Sekolah Minggu.  Salah satu pembicaraan yang terungkap adalah bagaimana caranya menerangkan kepada anak-anak bahwa YESUS KRISTUS adalah TUHAN yang layak untuk disembah.  Seandainya pertanyaan yang sama sekarang dilontarkan kepada Anda: bagaimana Anda tahu bahwa YESUS KRISTUS adalah TUHAN dan karenanya harus kita taati dan sembah, apakah jawab Anda? 
  
1.  YESUS lebih dari seorang manusia biasa.

Dalam Yohanes 8:58-59 dengan jelas YESUS menyatakan bahwa diriNya bukan seorang manusia biasa, tetapi lebih dari itu.  Jauh sebelum Abraham – bapa leluhur bangsa Yahudi – YESUS telah ada di dunia.  Namun bukti-bukti apa saja yang dapat menunjukkan bahwa IA adalah ALLAH?  Keempat penulis Injil menulis dan menerangkan YESUS dari sudut pandang yang berlainan, tetapi sampai pada kesimpulan yang sama yaitu bahwa IA benar-benar ALLAH.  Ini terbukti dari tindakan-tindakannya seperti:

  • Mujizat Kesembuhan Fisik.  YESUS menyembuhkan orang sakit kusta (Mat 8:24), orang lumpuh (Mat 9:2-8,12:10-13), orang buta dan tuli (Mat 20:30-34 ; Mrk 7:31-37)
  • Mujizat Alam.  YESUS mengubah air menjadi anggur (Yoh 2:1-11), menenangkan badai (Mat 8:23-27), berjalan diatas air (Mat 14:22-26).
  • Mujizat Kebangkitan.  Menghidupkan kembali anak perempuan kepala rumah ibadah (Mat 9:18-26), anak seorang janda (Luk 7:11-15) dan sahabatNya yang bernama Lazarus (Yoh 11:1-44).

Seseorang yang mampu melakukan hal-hal tersebut pastilah seseorang yang supranatural.  Walaupun hari-hari ini kita melihat mungkin ada beberapa pesulap yang sepertinya melakukan mujizat alam dan dukun-dukun melakukan mujizat kesembuhan fisik, namun tidak satu-pun orang dalam sejarah dunia ini yang sanggup membangkitkan orang sudah mati, apalagi yang sudah mati tiga hari lamanya seperti Lazarus!  Ini saja sudah membuktikan bahwa YESUS sungguh ALLAH yang hidup dan kuasaNya tidak ada duanya. Amin.

“Kamu menyebut AKU Guru dan TUHAN, dan katamu itu tepat, sebab memang AKUlah Guru dan TUHAN.” ~ Yohanes 13:13

Tetapi menerangkan YESUS hanya melalui sisi diatas saja, tidaklah menjawab mengapa IA layak disembah.  Beberapa orang mungkin akan beradu pendapat bahwa ilah-ilah, dewa-dewa atau tuhan-tuhan lainnya juga melakukan mujizat yang sama.  Lalu apa yang menjadi perbedaannya?  Apa yang menjadi perbedaan utama antara TUHAN YESUS dengan tuhan-tuhan yang lain?  Menerangkan YESUS, kita juga harus menceritakan dan mengangkat point berikutnya.
  
2.  YESUS adalah TUHAN dan JURUSELAMAT

            YESUS yang adalah TUHAN dan juga JURUSELAMAT kita.  Sebagai TUHAN, IA memiliki segala hak dan kuasa untuk menghukum kita karena dosa-dosa kita (Keluaran 34:7b), tetapi IA memilih untuk mengorbankan diriNya sendiri diatas kayu salib untuk menyelamat kita dari hukuman dosa.  Renungkanlah kebenaran yang tertulis dalam Yesaya 53:4-9 dibawah ini:

“(4) Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas ALLAH.

(5) Tetapi DIA tertikam oleh karena pemberontakan kitaDIA diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadaNya, dan oleh bilur-bilurNya kita menjadi sembuh.

(6) Kita sekalian sesat seperti domba masing-masing mengambil jalannya sendiri, Tetapi TUHAN menimpakan kepadaNya kejahatan kita sekalian.

(7) DIA dianiaya, tetapi DIA membiarkan diriNya ditindas dan tidak membuka mulutNya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, IA tidak membuka mulutnya.

(8) Sesudah penahanan dan penghukuman IA terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya?  Sungguh, IA terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.

(10) Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
  
            YESUS tidak bersalah, kita yang berdosa berat.  YESUS tidak berbuat kekerasan, kita seringkali mengeraskan hati dan hidup kita.  YESUS tidak menanggung penyakit, kita hidup dalam pesakitan hari demi hari.  YESUS tidak memberontak kepada ALLAH, kita sering mendukakan hati ALLAH.  Tetapi, YESUS membayar semua dosa dengan diriNya sendiri, kita menerima pengampunan dan hidup kekal oleh karenaNya.  Inilah yang membuat mengapa YESUS adalah satu-satunya ALLAH yang layak untuk disembah.  Tidak ada, sekali lagi: tidak ada! ilah lain di dunia ini yang mau berkorban demikian besar untuk umatNya, kecuali TUHAN YESUS KRISTUS.  Hidupmu hari ini dan kelak untuk selamanya, semuanya itu ada semata-mata karena kasihNya kepadamu.  Mengucap syukurlah dan tinggikanlah ALLAH yang telah menyelamatkan hidupmu dari hukuman dosa.
  
Kisah Penutup

            Ketika YESUS akan disalibkan, maka Pilatus (Gubernur Romawi) menyuruh agar sebuah tulisan dipasang atas kayu salib itu, yaitu yang bunyinya: “YESUS, orang Nazaret, Raja orang Yahudi.” (Yohanes 19:19).  Pernahkah anda memikirkan mengapa ALLAH datang ke dunia ini dengan nama ‘Yesus’?  Mengapa lalu IA dibesarkan di kota Nazaret?  Mengapa tidak kota besar lain, misalnya Roma atau Alexandria?  Lalu mengapa IA memilih bangsa Yahudi sebagai umat pilihanNya?  Ternyata semua itu pada akhirnya untuk menunjukkan siapa sesungguhnya jati diri YESUS sesungguhnya saat disalib.  Ketika tulisan itu di pasang diatas salib, maka dalam bahasa Ibraninya menjadi :

“YESHUA  HANOZRI  WUMELECH  HAIEHUDIM.”

Yeshua Hanozri = Yesus dari/orang Nazaret
Wumelech = Raja
Haiehudim = Yahudi

Inisial/singkatan tulisan diatas adalah YHWH.  Ketika papan dipasang, maka tanpa disadari Pilatus bahwa ia digunakan oleh ALLAH untuk mendeklarasikan bahwa yang disalibkan adalah TUHAN, dan IA ada diatas salib itu untuk menyelamatkan Anda, karena kasihNya yang begitu besar kepada Anda.  [CS/2011]

  
TUHAN kupercaya, tanganMu menjaga
Yang berharap kepadaMu tak kan KAU biarkan
TUHAN kupercaya, janji-Mu setia
Tetap ku hidup bagi-Mu sampai selamanya

0 comments:

Post a Comment