- Diberkati untuk Memberkati

Luka Batin


Luka batin adalah sebuah peristiwa atau pengalaman yang sangat mengguncang atau menyedihkan sehingga melukai perasaan/batin kita. Peristiwa atau pengalaman ini dapat menciptakan trauma yang membekas dan melekat sampai ke batin yang paling dalam. Seperti kita tahu, sebenarnya kejadian yang kita sadari adalah hanya kurang dari 20% dari apa yang kita sadari. Seperti saat kita bernafas, kita seringkali tidak menyadari bahwa sebenarnya kita itu bernafas. Demikian juga dengan pencernaan, berpikir, dan emosi. Masih banyak lagi hal-hal yang terjadi di dalam diri kita yang tidak kita sadari.

 
Nah, peristiwa atau pengalaman yang sangat megguncangkan atau menyedihkan itu seringkali terbawa ke batin kita dan menciptakan luka traumatik di sana. Mungkin kita sudah mencoba melupakan peristiwa/pengalaman traumatik tersebut, tetapi seringkali melupakan itu belum menyembuhkan. Suatu saat ketika tiba-tiba kita teringat, kita sering luka itu menganga lagi dan membuat kita menjadi sedih lagi. Bahkan sering kali kesedihan itu berkelebat setiap waktu dan mengakibatkan depresi/stress, terutama jika peristiwa itu begitu menyakitkan hati.

 
Contoh-contoh penyebab luka batin misalnya: dikhianati pasangan/pacar, ditelantarkan orang tua, disia-sia orang tua/orang lain, bertengkar, marah/kecewa, dendam, dan lain-lain. Sering kali karena kita tidak dapat/sulit mengampuni, semuanya itu menjadi luka batin yang serius. Luka batin yang serius sangat berbahaya bagi jiwa karena dapat menimbulkan dampak negatif, tidak hanya bagi diri kita sendiri, tetapi juga bagi orang-orang lain di sekitar kita, terutama orang-orang yang kita kasihi. Banyak sekali kasus bunuh diri karena luka batin ini. Atau banyak sekali orang menjadi tega melakukan tindak kekerasan karena luka batin ini.

Lebih parah adalah karena jika kita menderita Luka Batin, maka berkat dan rahmat Allah bisa tidak sampai ke diri kita, seolah kita terhalang untuk menerima berkat Allah. Bukankah Allah akan mengampuni kita jika kita mengampuni sesama kita? Jadi jangan sampai luka batin ini menjadi penghalang bagi kita untuk menerima berkat dan rahmat Allah yang luar biasa indah dan melimpah itu.

Adakah Obatnya?

Obat bagi penderita Luka Batin sebenarnya sangat murah, tetapi obatnya sangat pahit. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak karena Allah telah memberikannya dengan cuma-cuma. Tetapi untuk menelan obat ini sangat pahit. Kita harus menanggalkan segala ego dan harus merendahkan diri serendah mungkin, yaitu untuk berserah total kepada Allah dan untuk mengampuni orang lain.


 Seringkali kita begitu sulitnya mengampuni kesalahan orang lain, padahal syarat agar dosa/kesalahan kita diampuni adalah dengan mengampuni kesalahan orang lain. Tidak hanya mengampuni orang-orang terdekat yang kita kasihi, tetapi bahkan juga bagi musuh kita

Berikut ini adalah tips singkat untuk memperoleh keselamatan, kesembuhan dan pembebasan..
  1. Mengampuni kesalahan sesama dan berdamai.
  2. Memohon pengampunan kepada Allah, terutama karena Yesus Kristus telah menebus dan menyembuhkan kita.
  3. Selalu berdoa, tiada hari tanpa doa.
  4. Membaca, merenungkan, menghayati dan melakukan Firman Allah.
Demikian tulisan singkat tentang luka batin. Semoga dapat memberi pencerahan bagi kita semua dan lebih mendekatkan kita pada Allah.

Sumber: http://emanuel.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment