- Diberkati untuk Memberkati

Kembangkanlah Suatu Gambaran Yang Lebih Baik


Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? Tidakkah kamu ingat lagi? (Markus 8:8)
 
 Baru-baru ini, seorang pria paruh baya berkata kepada saya, “Joel, aku selalu tahu bahwa aku akan menderita diabetes. Ayahku menderita diabetes. Kakekku menderita diabetes. Itu telah menjadi bagian dari keluargaku dari generasi ke generasi.” Ia mengatakan kepada saya bahwa sejak saat ia masih remaja, ia tahu bahwa saatnya akan tiba ketika ia mendengar dokter menyatakan kepadanya diagnose yang mengerikan itu. Ia mengharapkannya. Ia telah melihat dirinya menderita diabetes, dan, sayangnya, ia mendapatkan tepat seperti yang ia ramalkan.

Beberapa orang mungkin berpikir ia menderita diabetes karena ia tidak memiliki iman. Tidak, aku benci mengatakannya, tetapi imannya bekerja dengan cukup baik. Tahukah anda iman anda dapat berfungsi secara negative semudah itu berfungsi secara positif ? Jika keluarga anda memiliki sejarah panjang penyakit tertentu, jangan duduk saja dan melihat diri anda dengan cara yang sama. “Yah, aku kira ini adalah nasibku.”

Tidak, anda – lebih dari siapapun—perlu mulai gambaran yang baru. Anda perlu melihat diri anda sebagai seorang yang kuat, sehat dan panjang umur, dalam suatu kehidupan yang memuaskan. Anda dapat menjadi seseorang yang mematahkan kutuk kesehatan yang buruk. Milikilah sebuah visi yang baru. Pastikan mata anda dipenuhi dengan terang.

Itulah yang dilakukan ibu saya pada tahun 1981, ketika ia didiagnosa dengan penyakit kanker yang mematikan dan para dokter menyatakan bahwa ia hanya dapat bertahan hidup selama beberapa minggu saja. Dalam buku saya, Your Best Life Now, saya menceritakan kisah  bagaimana ibu saya berdoa, percaya, dan mengutip dengan keras ayat-ayat Alkitab yang berhubungan dengan kesembuhan setiap hari. Tetapi ibu saya tidak hanya berdoa. Ia tidak hanya mengutip ayat-ayat Alkitab. Ia juga menempel foto-fotonya diseluruh rumah – foto=foto yang diambil pada saat-saat bahagia dalam kehidupannya, saat ia sehat. Ia menempatkan foto-foto itu didapur, diruang keluarga, bahkan dikamar mandi. Kemana saja ia pergi, ia melihat gambar-gambar yang melukiskan kesehatan dan kebahagiaan.

Ibu saya dapat dengan mudah melihat cermin dan tertekan. Ia bisa saja mengizinkan gambaran yang salah berakar. Lagi pula, ia hanya berbobot delapan puluh Sembilan pon. Ia lemah, kurus dan kulitnya mulai berubah menjadi pucat. Tetapi dari pada tenggelam dalam gambaran yang seperti itu, ibu saya menempelkan foto-foto dimana ia terlihat begitu bahagia. Saya ingat bahwa dikamar mandinya ia menempatkan foto dirinya mengenakan topi koboi merah muda dan menunggang seekor kuda cokelat yang besar pada saat liburan keluarga di Montana. Setiap saat ia pergi ke kamar mandi itu, ia melihat dirinya bahagia, sehat dan menikmati hidup. Di dapur ia meningkatkan foto-foto pernikahannya. Di kamar pribadinya, ia mengantung foto-foto yang menggambarkannya sebagai seorang yang bahagia, kuat, sehat dan hidup dalam kelimpahan.

 Ia menolak hidup dalam diagnose negative tersebut; ia tidak memusatkan perhatian pada tubuhnya yang sakit. Ia memandang dengan mata iman dan ia melihat dirinya seoerti yang ia inginkan. Secara jasmani ia lemah dan tidak berdaya, namun secara rohani, ia teguh dan sehat. Ia menolak untuk mengizinkan gambaran yang melemahkan dan mengalahkan itu berakar. Sebaliknya, ia bertekad untuk melihat dirinya sebagai pemenang, bukan korban. Tuhan, dalam kebaikan Nya, menyembuhkan dia sepenuhnya sehat. Ia bahkan bisa menunggang kuda besar itu lagi jika ia mau.

Sahabatku, anda juga akan menghasilkan apa yang anda pelihara dihadapan anda. Gambaran apa yang anda tempatkan di dinding pikiran anda? Apakah anda melihat diri anda semakin kuat kuat dan sehat? Apakah anda melihat diri anda terbang tinggi dalam kehidupan, mengapai impian-impian anda?

Di rumah saya, saya menempatkan gambar-gambar yang dapat mengilhami saya disekeliling saya. Saya suka melihat matahari yang indah terbenam. Saya suka melihat rajawali yang terbang tinggi di langit. Di meja saya dirumah, saya memiliki artikel-artikel dan surat-surat yang ditulis oleh orang-orang kepada saya yang menyatakan kata-kata iman ke dalam kehidupan saya. Saya mempunyai foto keluarga kami ketika kami bersenang-senang bersama. Saya mempunyai foto ayah saya dan saya menyusuri Sungai Amazon. Saya suka menempatkan hal-hal tertentu dihadapan saya yang mengingatkan saya akan saat-saat yang indah pada waktu itu, sementara saya memperbesar visi saya untuk pengalaman-pengalaman yang lebih baik dimasa depan.

Di rumah atau di kantor anda, letakkanlah hal-hal yang membangun iman anda. Pasanglah foto-foto yang membangkitkan kenangan-kenangan indah. Tempatkanlah foto-foto di dinding atau di meja anda yang menunjukkan anda hidup dalam kelimpahan. Ketika anda melihat gambar-gambar tersebut, jangan hanya lewat saja dan berkata, “Aku berharap aku masih sebahagia waktu itu,” atau “Aku berharap aku masih memiliki rambut sebanyak itu.”

Tidak, biarlah gambaran kemenangan yang berakar. Biarlah iru berakar semakin dalam di dalam diri anda. Bagi banyak orang, adalah bermanfaat untuk menghiasi dinding-dinding mereka dengan ayat-ayat Alkitab. Di cermin kamar mandi atau dimana anda berganti pakaian, tempatkanlah ayat-ayat seperti ‘Aku dapat melakukan segala sesuatu melalui Kristus’ atau “Hari ini harinya Tuhan”. Di kulkas, ingatkan diri anda, “Aku lebih dari pemenang”, dan “Tuhan selalu membuat aku menang”. Di belakang pintu, tempatkan kebenaran “Kemurahan mengelilingi aku seperti perisai”, atau “Kebaikan dan kebajikan mengikuti aku hari ini”. Pasanglah segala sesuatu yang membangun kerohanian anda, memenuhi anda dengan iman, dan menolong anda memiliki visi yang besar bagi kehidupan anda.

Jangan tertambat di suatu tempat. Mungkin tidak ada yang berjalan dengan baik untuk anda hari ini, tetapi mulailah melihat diri anda mengatasi semua itu. Lihatlah diri anda menaklukkan kecanduan. Gambarkanlah diri anda mendapatkan promosi. Biarkan gambaran baru itu mengendap jauh di dalam diri anda. Untuk menghasilkan sesuatu di luar, anda harus pertama-tama menggambarkannya di dalam.

Doa hari ini untuk Kehidupan Terbaik Anda Sekarang:

Bapa, tolong aku untuk managgalkan gambaran-gambaran negative dalam pikiranku dan menggantikannya dengan foto-foto yang penuh iman, kenangan-kenangan khusus dan gambaran pengharapan akan masa depan yang luar biasa. Aku percaya Engkau ingin aku memperbesar visiku, memperluas cakrawala, dan memiliki kehidupan yang memiliki arti kekal.

Sumber: Bacaan Harian Dari Your Best Life Now, Joel Osteen

0 comments:

Post a Comment