- Diberkati untuk Memberkati

Milikilah Visi Yang Positif


Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.
(Matius 6:22-23)

Tuhan telah menciptakan anda sebagai mahluk visual dengan suatu imajinasi yang luar biasa. Mata anda dapat menangkap empat juta byte informasi setiap detik. Pada saat itu mencapai otak anda, data tersebut diproses, membentuk gambaran berwarna tiga dimensi dalam pikiran anda.

Imajinasi anda sangat dahsyat. Jika saya menulis kata “ anjing hitam besar “, anda tidak hanya sekedar melihat kata-kata ini; pikiran anda menunjukkan kepada anda sebuah gambaran binatang tersebut, sebuah gambar yang terbentuk dari bank memori komputer mental anda. Demikian pula, masing-masing kita memiliki sebuah gambaran tentang diri kita dalam imajinasi kita. “ Gambar-diri “ tersebut serupa dengan thermostat di sebuah ruangan. Itu menentukan sebuah standar dimana  anda akan berfungsi. Anda tidak akan pernah meraih hal-hal yang tidak anda lihat diraih oleh diri anda sendiri.

Sayangnya, banyak orang memiliki visi negative tentang kehidupan mereka. Mereka tidak melihat diri mereka naik lebih tinggi menaklukkan penghalang-penghalang mereka. Akibatnya, mereka dibatasi oleh visi mereka sendiri.

Alkitab berkata bahwa mata anda adalah pelita bagi tubuh anda. Jelas itu tidak berbicara tentang penglihatan secara jasmani; itu berbicara tentang apa yang anda lihat melalui mata iman anda, visi rohani anda. Itu berbicara tentang jenis gambaran yang anda miliki dihadapan anda. Tuhan sedang berkata, jika anda memusatkan perhatian pada masalah-masalah anda, pada apa yang tidak dapat anda lakukan, atau jika anda berpikir anda telah mencapai batas-batas anda, maka gambaran keadaan biasa-biasa tersebut akan membuat anda tertambat dimana anda berada. Itu bukan karena Tuhan tidak ingin mempromosikan anda; itu karena anda memusatkan perhatian kepada hal-hal yang salah. Anda mengembangkan gambaran-gambaran yang salah dalam pikiran anda.

Disisi lain, jika anda dapat belajar untuk melihat kehidupan melalui mata iman anda dan mulai melihat diri anda naik ke tingkat yang baru—melihat diri anda menggapai impian-impian anda, melihat lebih banyak lagi, member lebih banyak lagi, mengasihi lebih lagi dan menikmati hidup, melihat keluarga anda melayani Tuhan—Anda akan mengalami berkat-berkat dan kemurahan Tuhan.

Kita menghasilkan apa yang kita secara terus-menerus pelihara dihadapn kita. Jika anda memelihara gambaran keberhasilan dalam pikiran anda, anda akan bergerak maju menuju sukses, tetapi jika anda melihat diri anda hanya sekedar bertahan saja, pernikahan anda akan semakin buruk, kesehatan anda akan semakin merosot, kemudian kemungkinan besar kehidupan anda akan cenderung ke arah keadaan-keadaan negatif tersebut.

Suatu kebenaran yang sederhana adalah bahwa anda tidak akan melahirkan sesuatu yang tidak anda pikirkan didalam hati anda lebih dahulu. Anda harus memikirkannya di dalam hati anda melalui mata iman sebelum itu akan terwujud. Visi anda, apa yang anda lihat, memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan anda. Kita perlu menghentikan imajinasi-imajinasi kita yang membuat kita berpikir bahwa kita tidak dapat melakukan apa-apa. Sebaliknya, marilah kita mengizinkan Tuhan mengunakan imajinasi kita untuk membangun diri kita, untuk menolong kita menggapai impian-impian kita. Dengan kata lain, peliharalah hal-hal yang anda ingin terwujud dalam kehidupan anda.

Imajinasi anda seperti kanvas. Anda dapat melukis gambar apa saja yang anda pilih melalui pikiran-pikiran anda, sikap-sikap anda, dan apa yang ingin anda jadikan focus. Jangan ijinkan keraguan dan ketakutan terlukis dikanvas anda. Jangan ijinkan pikiran-pikiran “ yang mustahil “ atau “ yang tidak dapat dilakukan “ mengaburkan warna di kanvas anda.

Sebaliknya, ambillah kuas iman, kuas harapan, kuas pengharapan, dan mulai melukis masa depan yang cerah di kanvas hati anda. Pahamilah: Jenis gambaran mental yang anda lukis adalah sasaran yang anda ingin raih. Gambaran itu akan menentukan batas-batas bagi kehidupan anda. Jika anda ingin mengubah kehidupan anda, anda perlu mengubah gambaran yang sedang anda lukis dalam pikiran anda.

Dalam Perjanjian Lama, Tuhan berkata pada Abraham bahwa ia akan menjadi bapak bagi banyak bangsa. Apakah yang tidak biasa dengan itu? Yaitu pada saat Tuhat mengatakan hal ini, Abraham tidak memiliki seorang anak pun, dan ia sudah sangat tua, demikian pula istrinya, Sara. Secara alami, itu adalah situasi yang mustahil. Namun Tuhan memberikan kepada Abraham beberapa petunjung yang tidak biasa. Ia berkata, “ Abraham, keluarlah dan pandanglah bintang-bintang, sebanyak bintang-bintang yang engkau lihat, sedemikianlah  banyaknya keturunanmu kelak “ (lihat Kejadian 15:5).

Mengapa Tuhan berkata kepada Abraham supaya ia keluar dan melihat bintang-bintang itu? Tuhan telah berjanji kepada Abraham bahwa ia akan menjadi seorang ayah.

Tuhan mengetahui bahwa tidak cukup bagi Abraham hanya sekedar mendengar; ia perlu memiliki gambaran mental mengenai hal itu dalam pikirannya. Tuhan ingin agar Abraham memiliki ganbaran visual, melihatnya dalam imajinasinya. Jadi setiap malam ketika Abraham keluar dan memandang ke langit, ia diingatkan tentang janji Tuhan. Sekalipun itu tidak terwujud dalam kurun waktu dua puluh tahun, Abraham melihat dirinya sebagai bapak dari banyak bangsa; ia melihatnya melalui mata iman. Ia melukiskan gambaran tu dalam kanvas pikirannya, dan akhirnya Tuhan menggenapinya.

Mungkin alasan anda tidak menerima yang terbaik dari Tuhan, dan mengapa anda terjebak dalam rutinitas, adalah karena visi anda perlu dikembangkan.

“ Yah, “ anda berkata, “ Aku punya banyak masalah. Aku banyak hutang,” atau “ Aku benar-benar kesepian .“

Baiklah, mulailah melihat diri anda seperti yang anda inginkan. Anda mungkin dalam keulitan-kesulitan, anda mungkin sedang bergumul, tetapi jangan izinkan gambar itu berakar. Lukislah suatu gambaran yang baru. Mulailah melihat diri anda mengatasi masalah-masalah anda. Mulailah melihat diri anda lebih dari seorang pemenang.

Mungkin anda mempunyai perselisihan  dan perpecahan dalam hati anda. Anda dan pasangan anda mengalami kesulitan untuk bisa menjadi pasangan yang serasi. Daripada menyerah dalam kehidupan pernikahan anda, pandanglah melalui mata iman dan mulailah melihat keluarga anda hidup dalam damai dan harmoni. Ubahlah apa yang sedang anda lihat, dan anda akan mengubah apa yang anda hasilkan.

Doa hari ini untuk Kehidupan Terbaik Anda Sekarang:

Mulai hari ini, aku akan mengangkat kepalaku dan mulai mendapat gambaran baru dalam pikiranku mengenai potensi besar yang telah Engkau karuniakan dalam hidupku. Tolong aku, Bapa, untuk melukis sebuah gambar baru di kanvas imajinasiku, untuk hidup dengan iman, melihat dengan mata rohaniku bukan hanya apa yang ada hari ini, tetapi kehidupan yang mungkin terjadi karena Engkau.

Sumber: Bacaan Harian Dari Your Best Life Now, Joel Osteen

0 comments:

Post a Comment