- Diberkati untuk Memberkati

Melihat Melampaui Di Mana Anda Sekarang


Segala perkara dapat kutanggung (kulakukan di dalam Dia yang member kekuatan kepadaku.
(Filipi 4:13) 

Banyak rang kehilangan kesempatan-kesempatan penting dalam kehidupan mereka karena mereka telah terbiasa dengan status quo. Mereka tidak mengharapkan yang lebih baik. Mereka menolak untuk member ruang dalam cara berpikir mereka untuk hal-hal baru yang ingin tuhan lakukan dala kehidupan mereka. Saat semua kesempatan besar dating, daripada mengambilnya, meningkat dalam iman, dan mempercayai apa yang terbaik, mereka berkata, “Yah, itu tidak pernah terjadi padaku. Itu terlalu bagus untuk menjadi nyata.”

Anda mungkin berpikir, aku hanya akan mengejakan pekerjaan yang sama, tetap pada kedudukan yang sama ini, seumur hidupku. Lagi pula, hanya inilah pekerjaan yang kuketahui.

Tidak, berhentilah membatasi Tuhan. Ia mungkin ingin menyediakan suatu kedudukan yang lebih baik bagi anda. Tuhan mungkin campur tangan dalam keadaan anda supaya anda dapat dipromosikan. Suatu hari nanti, anda mungkin yang memimpin seluruh perusahaan itu!

Sebuah kisah saya ceritakan dalam Your Best Life Now menggambarkan bagaimana kita sering kali menetapkan pandangan kita terlalu rendah. Dalam kisah tersebut, seekor katak dilahirkan di dasar sebuah sumur kecil yang bulat. Ia dan keluarganya tinggal di sana, dan ia cukup puas. Ia berpikir, kehidupan tidak akan lebih baik lagi dari ini.

Suatu hari, ia menengadah dan memperhatikan sinar di puncak sumur itu. Katak itu merasa ingin tahu, dengan bertanya-tanya apa yang ada diatas sana. Ia memanjat dinding sumur itu dan dengan hati-hati mengintip sebuah kolam. Lihatlah, hal pertama yang dilihatnya adalah sebuah kolam. Kolam itu ribuan kali lebih besar dari sumur itu! Ia berjalan lebih jauh dan menemukan sebuah danau besar. Akhirnya, katak itu melompat lebih jauh dan sampai ke laut. Sekarang ia menyadari betapa terbatasnya cara berpikirnya selama ini. Sumur itu hanya setetes air dalam sebuah ember dibandingkan dengan apa yang ingin Tuhan ia nikmati.

Begitu sering kita seperti katak kecil itu. Kita telah terkungkung dalam sumur kecil kita sendiri. Ia telah menjadi lingkungan kita yang nyaman. Itu adalah semua semua yang pernah kita ketahui, suatu tingkat kehidupan tertentu, suatu cara piker tertentu. Sementara itu, Tuhan memiliki jauh lebih banyak lagi yang disimpan-Nya bagi kita. Impian Tuhan agar kehidupan anda jauh lebih besar dan lebih baik dari pada yang dapat anda bayangkan. Jika Tuhan menunjukkan kepada anda segala sesuatu yang Ia simpan untuk anda, Itu akan mengejutkan pikiran anda.

Hari ini, berjalanlah lebih jauh lagi disbanding uang pernah anda kunjungi sebelumnya. Beranilah untuk bermimpi lebih besar lagi. Pandanglah melalui pinggir sumur seperti katak kecil itu. Tuhan mempunyai lautan yang ingin anda nikmati. Tetapi anda harus kulakukan bagian anda dan keluar dari kotak kecil anda.

Banyak orang puas menerima hal yang terlalu kecil. “Aku telah menjangkau sejauh yang sesuai dengan pendidikanku”

“Aku telah mencapai sejauh yang aku sanggup dalam karier. Aku tidak akan pernah mendapatkan uang lebih banyak lagi dibanding yang sedang kuhasilkan sekarang.

Mengapa? Pekerjaan anda bukanlah sumber anda. Tuhan adalah sumber anda, dan kreativitas serta sumber-sumber-Nya tidak terbatas! Satu ide dari Tuhan dapat selamanya mengubah kehidupan anda. Tuhan mungkin memberikan kepada anda sebuah ide untuk sebuah penemuan, sebuah buku, sebuah lagu atau sebuah film. Tuhan dapat memberikan kepada anda sebuah impian baru. Ia tidak terbatas oleh apa yang anda miliki atau apa yang anda tidak miliki. Tuhan dapat melakukan apapun, jika anda percaya.

Terlalu sering, kita mengizinkan kepuasan diri membuat kita tetap berada pada keadaan biasa-biasa. Kita merasa nyaman dengan tempat kita berada sekarang, dan menggunakannya sebagai suatu alasan. “Orang tua saya miskin,” kita berkata dengan cemberut. “Tak seorangpun dalam keluarga saya pernah mencapai sesuatu yang berarti, jadi saya kira saya juga tidak akan.”

Tidak, Tuhan ingin agar anda berjalan lebih jauh disbanding orang tua anda. Ia ingin anda memecahkan cetakan itu. Mungkin anda dibesarkan dalam lingkungan yang negative, dimana semua orang disekeliling anda pengkritik, terlantar dan putus asa. Anda mungkin tergoda untuk mengunakan cara anda dibesarkan sebagai suatu alasan untuk hidup dengan dengan cara yang sama. Tetapi ada dapat menjadi orang yang mengubah silsilah keluarga anda. Jangan wariskan sumpah itu kepada anak-anak anda dan menjaga siklus negative itu tetap berlangsung. Anda dapat menjadi orang yang mematahkan kutuk dalam keluarga anda. Anda dapat mempengaruhi generasi-generasi masa depan dengan keputusan-keputusan yang anda buat hari ini.

Dalam Your Best Life Now, saya menceritakan bagaimana ayah saya menaklukan latar belakang kemiskinan yang paling miskin untuk menjadi pemimpin salah satu gereja terbesar di Amerika. Tentu saja banyak yang menghalanginya, dan tidak heran, semua orang disekitarnya berusaha memadamkan semangatnya. Mereka berkata, “John, engkau tidak akan berhasil di luar sana sendirian. Engkau lebih baik tinggal disini saja dengan kami dan memetik kapas. Hanya itulah pekerjaan yang engkau ketahui. Tinggallah disini, ditempat yang aman.”

Tetapi ayah tidak puas dengan tempat ia berada dalam kehidupannya. Ia percaya bahwa Tuhan menyimpan lebih banyak lagi baginya. Dan karena ia mau melangkah dalam iman, ia mematahkan kutuk kemiskinan dalam keluarga kami. Sekarang saudara-saudara saya dan saya, dan anak-anak, cucu-cucu, bahkan cicit-cicit kami, semuanya akan mengalami lebih banyak kebaikan Tuhan yang dilakukan karena apa yang dilakukan satu orang.

Anda juga dapat mempengaruhi generasi-generasi yang akan datang dengan keputusan-keputusan yang anda buat hari ini. Jika anda tidak sedang mengalami kehidupan yang berkelimpahan, biarlah saya menantang anda untuk mempercayai lebih banyak lagi. Jangan hanya duduk-duduk dan menerima status quo. Jangan hanya menerima apa yang dimiliki orang tua anda. Anda dapat berjalan lebih dari itu. Anda dapat melakukan lebih banyak lagi, mempunyai lebih banyak lagi, menjadi lebih banyak lagi. Hari ini, mulailah melihat melampaui dimana kini anda berada pada dimana anda ingin berada.

Doa hari ini untuk Kehidupan Terbaik Anda Sekarang:

Aku memuji-Mu Tuhan, Bapa, karena telah membuka mataku untuk melihat dan memahami bahwa engkau memiliki lebih banyak lagi bagiku. Berikanlah kepadaku keberanian untuk percaya bahwa hari ini adalah hari yang baik dan hari esok yang lebih cerah.
  
Sumber: Bacaan Harian Dari Your Best Life Now, Joel Osteen

0 comments:

Post a Comment