- Diberkati untuk Memberkati

Daily Bread #4


"There are no secrets to success. It is the result of preparation, hard work and learning from failure." - Colin L. Powell

Tidak ada rahasia tersembunyi untuk sukses. Kesuksesan adalah hasil dari adanya persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan.

Baru-baru ini diumumkan jajaran orang kaya Indonesia oleh majalah forbes, dan sontak semua ingin mendapatkan cerita tentang bagaimana mereka bisa sekaya itu, dan ingin tahu resep-resep khusus supaya menjadi kaya. Resep khusus menjadi kaya adalah ke dukun saja. Nanti oleh pak dukun akan diberitahu caranya supaya menjadi kaya. Hanya saja kalau sudah ke dukun tetapi tidak menjadi kaya maka berarti dukunnya tidak sakti. Lalu di manakah adanya dukun sakti ?

Friends, saya beritahu bahwa di dunia ini tidak ada satupun dukun yang sakti yang bisa membuat kita menjadi kaya. Usaha ke dukun supaya menjadi kaya adalah usaha yg dilakukan oleh pemalas-pemalas saja. Mengapa demikian ? Sebab untuk bisa menjadi kaya tidaklah dengan membuang uang untuk kemenyan dan sesaji, melainkan untuk menjadi kaya adalah dengan :

1. Persiapan :
a. persiapkan diri kita untuk menjadi kaya, sehingga tidak kaget saat kita benar2 kaya. Saat ini, banyak yang kaget sewaktu menjadi kaya. Kekagetan itu ditunjukkan dengan memakai perhiasan sebanyak mungkin supaya semua tahu kalau kaya (padahal tidak usah pakai-pun juga nampak kaya). Sementara itu, orang yg sudah mempersiapkan dirinya menjadi kaya justru tidak over acting dengan kekayaannya.

b. Persiapkan usaha yang akan dilakukan. Kalau mau buat pabrik, maka persiapkan dulu pabrik apa yg akan dibuat, bagaimana memasarkan produk yg dihasilkan, bagaimana lokasi dan perijinannya, bagaimana mendapatkan dana untuk pembangunannya. Kalau belum cukup modal untuk buat pabrik, maka buatlah rencana kecil saja, seperti home industry, sebab siapa yang pernah menyangka si Colonel Sanders yg mengawali usahanya dr warung ayam goreng kecil akhirnya menjadi raksana fast food ayam goreng. Siapa sangka bahwa Djarum yg mengawali usaha dari membuat rokok kretek di rumah, pada akhirnya menjadi nomor 1 terkaya.

2. Kerja Keras.
Apapun rencana kita, kalau tidak disertai kerja keras adalah percuma. Ibaratnya, kita ingin buat rumah, dan RAB sudah disusun tetapi kita malas untuk membangunnya maka sampai kapanpun juga rumah itu tdk akan jadi.

3. Belajar dari kesalahan.
Namanya juga manusia, selalu saja dapat berbuat salah, dan adalah wajar kita berbuat salah asalkan tidak ulangi berbuat kesalahan yang sama. Seperti kata pepatah "jangan jatuh di lubang yg sama".


Good day..Good luck..God Bless You

A.C. Huang

0 comments:

Post a Comment