- Diberkati untuk Memberkati

Daily Bread #17



"It takes less time to do a thing right, than it does to explain why you did it wrong." - Henry Longfellow 

Butuh waktu lebih cepat untuk mengerjakan sesuatu dengan benar, daripada harus menjelaskan mengapa salah mengerjakannya.

Semasa SD, guru Matematika selalu menghukum muridnya yang salah menyelesaikan tugas di depan kelas. Saya ingat ada teman -namanya Eko Prayoga - yang senantiasa dihukum pak Guru Matematika karena salah menyelesaikan hitungan di papan tulis. Gara-gara salah mengerjakan, dia diminta berdiri sampai pelajaran selesai. Padahal kalau dia benar mengerjakannya maka tidak akan diminta berdiri.

Tunggu sebentar ! Nampaknya ilustrasinya tidak nyambung dengan quote dari om Hery Longfellow.

Lhah iya memang ngga nyambung, walaupun kalau dipaksakan juga bisa nyambung juga. Loch kenapa bisa nyambung ?

Begini cara menyambungnya :

1. Saya perlu waktu lebih dari 1 menit untuk menulis ilustrasi yang salah.

2. Saya perlu waktu sekitar 2 menit untuk menuliskan pembelaan saya atas kesalahan yg saya lakukan.

Jadi apabila saya menuliskan ilustrasi yang benar, maka saya akan lebih cepat selesai 2 menit daripada kalau saya salah.

Friends, dalam hidup sehari-hari -terlebih dalam kerja- seringkali kita melakukan kesalahan yang seharusnya tidak patut untuk kita lakukan.

Misalnya, ada staff Purchasing yang membeli barang dengan harga lebih mahal : diperlukan waktu lama untuk menjelaskan ke management tentang kesalahannya tersebut dan sekaligus juga menjelaskan ke management langkah utk meminimize kerugian. Padahal, apabila dia lebih cermat dan hati-hati maka akan diperoleh barang dengan harga yang lebih murah dan tidak perlu jelaskan ke management.

Kalau demikian, benar kata pepatah : "biar lambat asal selamat" yang dalam konteks ini berarti cermat dan hati-hati dalam memutuskan sesuatu dan melakukan sesuatu.


Good day..Good luck..God Bless You

A.C. Huang

0 comments:

Post a Comment