- Diberkati untuk Memberkati

Keluarga Yang Memiliki Masa Depan


Sesungguhnya barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan juga melakukan pekerjaan-pekerjaan yang aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa.
(Yohanes 14:12)


Saya diberkati karena dibesarkan dalam sebuah keluarga yang baik. Saya mempunyai orang tua yang luar biasa yang adalah teladan-teladan yang baik. Ibu dan ayah saya menjamah kehidupan orang-orang lain di  seluruh dunia. Tetapi walaupun saya menghormati apa yang telah diraih orang tua saya, saya tidak akan puas hanya mewarisi apa yang mereka miliki, melakukan apa yang mereka telah lakukan. Tuhan ingin setiap generasi berjalan lebih jauh lagi dibanding generasi sebelumnya. Ia ingin setiap generasi lebih diberkati, mengalami kasih, kebaikan dan pengaruh-Nya lebih besar lagi di dunia ini. Ia tidak ingin anda tetap tinggal di tempat.

Saat ayah saya meniggal tahun 1999 dan saya menggantikannya sebagai gembala sidang di Lakewood Church di Houston, orang-orang sering kali datang kepada saya dan bertanya, “Joel, apakah engkau kira engkau sanggup meneruskannya? Engkau akan menduduki suatu kedudukan yang penting.” 

Saya mengerti apa yang mereka maksudkan, dan saya menghargai komentar-komentar mereka karena mereka mengasihi ayah saya dan ia memang adalah seorang pemimpin yang luar biasa. Lagi pula, hanya sedikit gereja yang seukuran Lakewood yang dapat bertahan setelah kehilangan gembala senior pendiri gereja, dan media local kami segera menunjukkan kecilnya kesempatan-kesempatan keberhasilan kami. Tetapi tidak ada satu pun dari semua itu yang membuat saya khawatir. Saya mengetahui Tuhan tidak menghendaki satu generasi bersinar, dan kemudian generasi berikutnya pudar ke dalam ketidakjelasan, Tuhan ingin setiap generasi meningkat.

Lebih jauh lagi, saya tahu bahwa saya tidak diwajibkan meniru teladan ayah saya. Saya hanya diwajibkan melakukan tugas saya. Saya hanya diwajibkan menjadi orang yang dimaksudkan Tuhan saat Ia menciptakan saya. Saat saya pertama kali menjadi pemimpin, orang kadang-kadang bertanya kepada saya, “Joel, apakah engkau kira engkau sanggup melakukan sebanyak yang dilakukan ayahmu?”

Saya tidak bermaksud sombong, tetapi saya selalu menjawab, “Aku yakin aku akan melakukan lebih banyak dibanding yang dilakukan ayahku.” Memang seperti itulah Tuhan kita. Ia adalah Tuhan yang selalu maju. Ayah saya membawa keluarga kami dari tidak memiliki apa-apa hingga ketempat kami ada sekarang. Saat ia mulai melayani, ia hanya mengetahui sedikit tentang alkitab. Salah satu cerita-cerita favorit keluarga kami adalah saat ayah pertama kali memulai pelayanan, ia suatu kali berkotbah tentang Samson, menyebut pahlawan dari kisah tersebut “Tarzan!”

Tentu saja, ayah semakin baik dan menjadi seorang pengkotbah besar yang mempengaruhi jutaan orang. Walaupun demikian, saya mengatakannya dengan rendah hati, tetapi saya percaya bahwa saya akan melakukan jauh lebih banyak dibanding yang ayah saya sanggup lakukan, dan anak-anak mereka suatu hari kelak akan melakukan jauh lebih banyak disbanding gabungan kami semua.

Anda juga dapat menjadi melebihi pendahulu anda, mewariskan sikap-sikap yang saleh, berkat-berkat dan keberhasilan kepada anak-anak anda. Sahabatku, jangan pernah puas dengan tempat di mana anda sekarang. Mungkin anda berasal dari sebuah seperti keluarga ayah saya, yang tidak mempunyai banyak materi. Atau mungkin anda berasal dari keluarga yang sangat kaya, bermartabat dan berkedudukan tinggi. Tidak perduli apa pun itu, anda dapat lebih mengalami lebih banyak dibanding generasi yang mendahului anda.

Mungkin dihujani dengan daftar panjang perceraian, kegagalan, depresi, penyakit atau masalah-masalah pribadi atau keluarga lainnya, hari ini adalah saatnya untuk berkata, “Sudah cukup. Aku tidak akan mewariskan sikap-sikap negative itu pada anak-anakku. Aku akan keluar dari siklus ini dan mengubah pengharapan-pengharapanku. Aku akan mulai mempercayai Tuhan untuk hal-hal yang lebih besar dan baik.”

Doa hari ini untuk Kehidupan Terbaik Anda Sekarang:

Syukur kepada-Mu, Bapa, bahwa aku merupakan bagian dari sebuah keluarga yang memiliki masa depan; aku tidak akan dibatasi lagi oleh masa laluku, tetapi aku akan percaya kepada-Mu hari ini untuk melakukan segala sesuatu di dalam dan melalui kehidupanku yang bahkan lebih besar daripada perkara-perkara indah yang telah Engkau lakukan sebelumnya.

Sumber: Bacaan Harian Dari Your Best Life Now, Joel Osteen

0 comments:

Post a Comment